Selasa, 09 Juni 2015

Seberapa Besar Bintang yang Paling Besar?


Planet kita, bumi, termasuk besar, setidaknya nomor urut 5 di tata surya kita. Tapi matahari, yang merupakan bintang yang menjadi pusat tata surya memiliki diameter sekitar 109 kali diameter bumi. Anda bisa membayangkan, berapa ribu planet bumi bisa disesakkan ke dalam matahari jika dia merupakan sebuah kantung.

 Tapi kemudian, ada beberapa bintang lagi yang jauh lebih raksasa, dan membuat matahari menjadi bukan apa-apa. Tentu saja ini adalah bintang yang baru kita kenal, entah ada monster apa lagi di luar sana.

Bintang Pistol, bintang biru amat raksasa ini diketahui sebagai yang paling benderang di Bima Sakti. Berjarak sekitar dua puluh lima ribu tahun cahaya dari Bumi ke arah Sagittarius (apa Anda lahir dalam rasa ini?). Jika tidak karena tersembunyi oleh debu antarbintang, kita mungkin bisa melihatnya dengan mata telanjang.

Lalu ada VY CMa (Canis Majoris), karena si raksasa merah ini terletak di konstelasi Canis Major. Pernah disebut-sebut sebagai bintang terbesar sejagad raya. Juga paling terang benderang di antara sejenisnya. Radiusnya sekitar 1.420 ± 120 solar radii (setara dengan diameter 13,2 Unit Astronomi, atau sekitar 1,976 Milyar Km), dan terletak sekitar 1,2 kiloparseks (3.900 tahun cahaya) dari Bumi.

Dan yang menjadi kandidat bintang paling besar terletak di konstelasi Scutum, yaitu UY Scuti yang juga merupakan raksasa merah, dengan radius sekitar 1.708 solar radii, atau diameter 2,4 miliar Km; yang kira-kira memiliki volume sekitar 5 milyar kali Matahari kita, dan berjarak 2,9 kiloparseks (9.500 tahun cahaya) dari Bumi.

Menonton video-video seperti ini kadang membuat saya merasa kagum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar