Selasa, 19 Mei 2015

Spesies Mana yang Diselamatkan?


Bukankah kamu sudah tahu kalau banyak spesies, baik hewan maupun tumbuhan terancam punah? Kita memiliki banyak yang sudah punah, misalnya saja yang terkenal seperti Burung Dodo, atau mungkin yang dekat adalah Harimau Jawa. Sebentar lagi mungkin lebih banyak yang menyusul, hanya saja kita tidak tahu namanya, atau mungkin enggan untuk tahu.

Permasalahannya adalah, kita tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk menyelamatkan mereka semua setidaknya saat ini. Kita tidak bisa membangun bahtera Nuh untuk menyelamatkan semuanya, apalagi hanya sepasang, karena sepasang mungkin bermakna akhir dari spesies mereka di zaman kita ini. Lalu pertanyaannya adalah, spesies mana yang harus lebih dahulu kita selamatkan?

Ini seperti Tim yang membantu korban bencana massal, siapa yang akan didahulukan untuk diselamatkan ketika Tim tahu mereka tidak akan bisa menyelamatkan semuanya? Apakah yang paling parah kondisinya, apakah yang paling mungkin diselematkan, ataukah mungkin yang paling berpengaruh seperti presiden dan kabinetnya? Atau mungkin orang-orang terdekat Tim tersebut?

Kondisi lapangan kita tampaknya tidak berbeda, apakah kita akan menyelamatkan spesies yang paling sedikit jumlahnya? Apakah kita akan menyelamatkan yang paling penting bagi ekosistem yang menunjang banyak kehidupan spesies lainnya? Apakah kita akan menyelamatkan yang paling lucu dan unyu?

Panda misalnya, tidak terlalu penting dalam ekosistem, namun menghabiskan dana penyelamatan jauh lebih besar dibandingkan spesies lainnya. Tapi orang, manusia mungkin tidak akan mau mengorbankan panda untuk menyelamatkan spesies lainnya. Apakah kita pernah berhitung, mana yang lebih penting untuk diselamatkan terlebih dahulu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar