Kamis, 21 Mei 2015

Mengapa Burung Bangkai Tidak Sakit?


Kita mungkin akan langsung jatuh sakit ketika makan makanan yang agak basi. Makanan olahan kita, baik nabati maupun hewani sangat cepat menjadi ladang tumbuhnya kuman-kuman patogen yang menyebabkan kita jatuh sakit. Oleh karenanya kita memiliki pelbagai "teknologi" untuk mencegah pembusukan makanan, mulai dari pengawetan, pemanasan, atau menaruh di lemari pendingin. Tapi tidak demikian dengan burung bangkai, mereka terbiasa makan makanan yang sudah menjadi bangkai, dalam hal ini tentu saja makanan yang busuk. Tapi mengapa mereka bisa? Mengapa mereka tidak sakit perut atau mulas seperti kita?

Rupanya burung bangkai memiliki asam lambung yang cukup asam untuk membunuh pelbagai kuman yang berbahaya bagi kesehatannya. Dan tidak cuma itu, tampaknya mereka juga mengembangkan daya tahan terhadap pelbagai kuman yang ada di lingkungan, karena tampaknya saat mereka lahir - mereka belum memiliki daya tahan yang lengkap.

Uniknya, ilmuwan mungkin menduga bahwa konsep mereka mengembangkan kekebalan tubuh ini mirip dengan kita melakukan vaksinasi. Apakah ini bermakna sudah waktunya kita saling belajar dengan para hewan yang kebal banyak kuman ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar