Sabtu, 18 April 2015

Sediakan Keikhlasan

Tidak selalu bermakna memberi, namun juga menerima dengan tanpa terbebani oleh kekhawatiran apapun. Selama kita bernapas, selama itu juga kita masih punya masalah yang namanya perut lapar; katanya sih, asal manusia kenyang apapun bisa jadi mudah, yang tidak mudah cuma bagaimana membuat si manusia ini kenyang.

Jika ada sesuatu yang tidak terpenuhi dalam hidupnya, dia mungkin akan segera merasa khawatir. Atau jika ada sesuatu yang mungkin tidak terpenuhi, dia mungkin akan merasa takut.

Jika segala sesuatunya memang tidak bisa lihat di masa depan, maka apa yang perlu dikhawatirkan?

Beberapa waktu yang lalu saya menjalani operasi yang memerlukan pembiusan spinal, dan dibandingkan kebanyakan orang yang tidak berada dalam lingkar profesi kesehatan, saya lebih bisa tahu apa yang mungkin terjadi selama prosedur bedah dilakukan. Tidak ada jaminan mutlak bahwa semua akan berjalan lancar, atau tidak akan menjadi sesuatu yang buruk.

Tapi apa yang bisa saya lakukan selain mempercayakan pada ahlinya? Ya, saya bisa membuang kekhawatiran yang tidak saya perlukan.

Jika tidak ada kekhawatiran, maka akan ada cukup energi untuk pergi ke mana saja!

Dan untuk melepaskan kekhawatiran sehingga kita tidak memungutkan kembali, di situ perlu ada keikhlasan. Tersenyumlah di saat ada masalah, sediakan sedikit keihklasan untuk melepas kekhawatiran akan masalah tersebut, sehingga kita memiliki cukup energi untuk melangkah masuk dan melampaui masalah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar