Rabu, 21 Mei 2014

Mari Cegah MERS CoV



MERS-CoV seperti yang kita bahas sebelumnya, tidak perlu membuat kita panik. Kita dapat mencegahnya bersama-sama. Beberapa prinsip dasar yang bisa digunakan untuk membantu mencegah penularan MERS-CoV bisa saya sampaikan sebagai berikut:

  1. Oleh karena virus ini berasal dari Timur Tengah, maka jika kondisi kesehatan Anda tidak prima, maka tunda dulu perjalanan ke Timur Tengah. Termasuk manula di atas 60 tahun, dan anak-anak di bawah 12 tahun.
  2. Selama di Timur Tengah, ikuti anjuran dari petugas kesehatan setempat. Tetaplah jaga kesehatan Anda, makan makanan berigizi, cukup istirahat, dan hindari kontak terlalu dekat/lama dengan orang yang sakit.
  3. Jika kesehatan Anda menurun selama di Timur Tengah, segera berkonsultasi dengan tenaga kesehatan setempat.
Jika kembali dari Timur Tengah, dan Anda mengalami sakit dalam kurun waktu 14 hari dengan gejala seperti batuk, demam, dan sesak napas yang bisa juga disertai dengan diare; segera melaporkan diri ke petugas kesehatan setempat (dokter/puskesmas). Jangan lupa sampaikan diri Anda baru saja pulang dari Timur Tengah atau Jazirah Arab, sehingga Anda bisa mendapatkan perhatian yang tepat. Gunakan selalu masker, untuk tetap melindungi diri dan lingkungan Anda.

Bagi mereka yang sakit dengan gejala serupa, dengan tidak memiliki riwayat bepergian ke Timur Tengah, namun memiliki riwayat kontak (bertemu langsung) dengan orang yang baru pulang dari Timur Tengah, juga diharapkan melapor ke petugas kesehatan setempat.

MERS-CoV memang sampai saat ini belum ada vaksin yang bisa mencegahnya, namun budaya hidup bersih dan sehat dapat melindungi kita dari ancamannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar