Kamis, 01 Mei 2014

Apa sih Serangan Phishing?



Banyak orang belum tahu tentang serangan phishing, apalagi pada era di mana di negeri kita banyak yang gagap teknologi; artinya ingin terlihat keren dengan menggunakan teknologi, tapi tidak memiliki kemampuan menggunakannya secara benar dan aman. Inilah yang menjadi sasaran empuk para penipu di dunia maya.

Dalam contoh di atas, adalah sebuah video yang menjelaskan bagaimana serangan phishing attack atau dalam alih bahasa ke bahasa kita bisa disebutkan sebagai serangan pengelabuan, terjadi pada seorang pengguna YouTube. Dia akan menerima surat elektronik yang mengatakan pengirimnya adalah pihak pengelola layanan YouTube, sementara tentu saja aslinya surat itu tidak berasal dari pengelola YouTube.

Surat itu akan tampak begitu asli, jadi sepintas Anda mungkin tidak akan dapat membedakannya dengan yang asli. Surat akan memberikan Anda tautan ke situs tertentu untuk diklik, dan bahayanya, kesannya tautan ini juga tampak asli. Tapi jika dilihat dibaliknya, di sana ada udang di balik kode.

Si korban bisa jadi diarahkan ke situs yang juga tampak seperti situs asli yang hendak dituju, dan biasanya diminta memasukan nama, nama pengguna, email, kata sandi, nomor identifikasi pribadi (PIN), dan sebagainya. Yang jika korban lakukan, maka semua data pribadinya akan diambil oleh si pelaku pengelabuan ini.

Tergantung jenis serangan, beberapa mungkin menyasar pada daftar kontak kita, beberapa mungkin menargetkan isi rekening bank Anda - terutama bentuk serangan phishing yang menyamar sebagai bank.

Phishing attack sudah ada sejak lama, namun tetap saja banyak orang yang tertipu mentah-mentah. Tapi toh di dunia ini selalu ada orang yang membiarkan dirinya tertipu, ya sudah, mari saling mengingatkan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar