Sabtu, 21 Desember 2013

Tetap Sehat saat Mudik Natal dan Tahun Baru



Sebentar lagi liburan panjang akhir tahun, meskipun bukan liburan panjang untuk saya tentunya. Seperti tahun-tahun sebelumnya, jalanan akan dipenuhi mereka yang meninggalkan daerah tempat bekerja kembali ke kampung halaman, dan Anda mungkin menjadi salah satu dari orang-orang ini, bersama keluarga ataupun orang terdekat.

Adalah hal yang baik untuk tetap sehat selama liburan panjang ini, sehingga di awal tahun nanti, Anda bisa kembali beraktivitas dengan baik. Berikut adalah beberapa tips:

  1. Cek kondisi kesehatan Anda sebelum berangkat, jika Anda merasa tidak enak badan dan sebagainya. Jika kesehatan Anda menurun saat perjalanan, manfaatkan pos-pos pemeriksaan kesehatan gratis yang tersedia.
  2. Istirahat secara berkala sepanjang perjalanan, jangan memaksakan diri - pokoknya jangan! Mengantuk saat berkendara bisa berakibat fatal.
  3. Jika Anda sedang berada dalam pengobatan tertentu, konsultasikan dengan dokter Anda apakah obat tersebut berdampak pada pola perjalanan Anda. Misalnya obat-obatan yang bersifat menekan sistem saraf pusat, atau obat yang aturan minumnya sangat ketat - perjalanan panjang bisa membuat Anda lupa minum obat.
  4. Pastikan Anda membawa/membuat kartu kontak darurat, sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan di perjalanan, Anda atau orang yang membantu Anda diperjalanan tahu akan menghubungi siapa nantinya.
Hal-hal lain seperti menetapkan jadwal, membuat daftar keperluan mudik, memeriksa kondisi kedaraaan adalah hal-hal teknis yang mutlak yang Anda perlu lakukan.

Ketika semua persiapan sudah bagus, Anda bisa berangkat dengan tenang menikmati liburan akhir tahun Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar