Minggu, 22 Desember 2013

Bagaimana Mengubah Dunia?



Ketika saya menonton video dari Presiden Kid, pertanyaan yang sama mungkin sudah pernah hinggap berulang kali. Bagaimana kita bisa mengubah dunia?

Kita pasti pernah berpikir bahwa segala sesuatunya begitu - tidak pas - di sekitar kita. Kita berpikir bahwa dunia seharusnya bisa lebih baik lagi, mulai berhentinya perang di pelbagai belahan dunia, hingga orang bisa parkir secara teratur. Kita semua memiliki keluhan kita sendiri akan kondisi dunia saat ini.

Apakah kita sudah berusaha mengubah dunia ke arah lebih baik? Misalnya berhenti buang sampah sembarang, berhenti bergosip yang tidak benar, berhenti merokok, berhenti mencari senang di atas sedihnya orang lain?

Apakah kita sudah melangkah ke arah dunia yang lebih baik? Misalnya membangun ruangan hijau, menggunakan teknologi ramah lingkungan, berhemat air bersih, melakukan pola hidup yang bersih dan sehat?

Ataukah kita hanya melakukan keluhan, keluhan dan keluhan? Sehingga lini masa jejaring sosial penuh dengan keluhan Anda, atau telinga orang-orang disekitar Anda sudah menebal karena keluhan Anda yang tidak pernah hadir bersama solusi?

Ataukah kita hanya berusaha mencari kekuasaan semu, dari uang-uang, dari kekuasaan, dari pengaruh, dari ketenaran yang hanya untuk membuat dunia bergerak seperti apa yang kita kehendaki?

Dunia diubah oleh orang-orang yang sederhana menuju arah yang lebih baik. Orang-orang yang tidak membeda-bedakan sesamanya. Orang-orang yang menghargai tempat tinggalnya dan tanah di sekitarnya. Orang-orang yang ketika melangkah tidak dituntun atau dikejar oleh kesemuan. Mereka adalah orang-orang yang nyata, dan Anda juga bisa seperti mereka, hanya saja Anda harus menjadi nyata!

Lalu bagaimana Anda mengubah dunia?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar