Jumat, 11 Oktober 2013

Kendalikan Tekanan Darah Anda



"Pak/Bu, berapa biasanya tekanan/tensi darahnya, apa punya riwayat (tekanan) darah tinggi?"

Pertanyaan itu saya rasa sudah semakin wajar di praktek sehari-hari sebagai bagian dari sawar awal untuk mendeteksi faktor risiko pelbagai penyakit degeneratif.

Saya selalu menyarankan diet dan olahraga teratur sebagai solusi awal mereka dengan kondisi pra tekanan darah tinggi, dan jika sudah melewati garis aman itu, maka obat-obatan disarankan dalam pola tertentu untuk membantu melawan tekanan darah tinggi.

Hipertensi masih menjadi momok yang mengerikan, bahkan bersama dengan diabetes (kencing manis) menjadi sumber-sumber penderita di hari lanjut bagi banyak warga negara kita. Apalagi perubahan pola hidup yang menjadi lebih sedinter (jarang bergerak), dan makanan yang semakin banyak bumbu (baca: garam) serta ancaman lemak dan oksidan bebas di mana-mana. Tidak ketinggalan juga stres dan tekanan hidup yang tidak kurun membaik.

Jadi, saya selalu menyarankan periksalah kesehatan Anda secara teratur, tidak tahu kapan hipertensi mulai menyerang, jangan sampai tiba-tiba terbaring di rumah sakit oleh karena stroke yang dipicu oleh tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar