Sabtu, 12 Oktober 2013

Jangan Tabukan Permasalahan Kesehatan Mental



Permasalahan kesehatan mental ada selalu di sekitar kita, stres dan depresi mungkin hanya sedikit yang muncul ke permukaan dan bisa diterima oleh sebagian besar masyarakat untuk dibicarakan secara terbuka atau didiskusikan secara sehat. Namun stigma sakit "gila" masih melekat pada orang-orang yang dilabeli "gila" oleh masyarakat kita sendiri.

Masalah kesehatan mental bisa tampak sederhana seperti fobia, namun tidak bisa diremehkan apalagi oleh mereka yang tidak merasakan. Bisa juga tampak berat seperti schizophrenia, tapi bukan untuk dihindari apalagi dikucilkan. Jika para penderita tidak mendapatkan bantuan yang tepat, bisa jadi permasalahannya akan semakin serius atau memberat.

Bantu mereka yang ada di sekitar Anda, jika mereka memiliki permasalahan kesehatan mental, baik hanya dengan menjadi pendengar bagi stres-stres psikologis ringan, hingga memberikan rujukan pada gangguan mental yang lebih berat menuju fasilitas-fasilitas kesehatan terdekat dari tempat Anda. Lalu didiklah generasi selanjutnya mengenai permasalahan kesehatan mental, jangan biarkan hal ini menjadi tabu sehingga mereka tidak akan menutup mata ketika menemukan masalah ini di hadapan mereka suatu saat kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar