Selasa, 01 Oktober 2013

Bagaimana Kisah Planet Bumi Kita?



Kapan bumi tercipta? Atau mungkin pertanyaan ilmiahnya akan menjadi "kapan bumi terbentuk"? Memangdang sisi ilmiah mungkin kita sebaiknya menanggalkan sudut pandang agama-agama yang ada, karena sering kali berbenturan dan menimbulkan ketidaknyamanan. Maksud saya adalah ketika menemukan fakta ilmiah seperti yang ada dalam agama, ada yang cenderung meninggi-ninggikan kebenaran dalam agama mereka, dan sebaliknya jika fakta ilmiah berkata berbeda, mereka akan berkelit dalam ayat-ayat yang berputar-putar.

Saya tidak bilang agama itu salah, tapi itu adalah "some different realm". Ilmu pengetahuan bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan kita kencani jika kita tidak membawa pacar kita yang lainnya.

Kapan bumi terbentuk? Tidak ada yang tahu kalau kita mau jujur, tapi di sinilah menariknya pengetahuan, mereka bisa "menduga" bahwa bumi terbentuk sekitar empat puluh lima juta tahun yang lalu dari sisa-sisa pembetukan tata surya dan matahari sebagai pusatnya.

Dan kisah ini berlanjut tentang bagaimana bumi ini mulai mendingin dan terbentuk perairan yang mungkin memakan waktu cukup panjang bagi rambut kita untuk bisa tumbuh hingga mengelilingi bumi dua kali. Dunia "katanya" kemudian berevolusi dengan berbagai bentuk kehidupan hingga muncullah kita, homo sapient, si manusia cerdas (apa benar begitu?)

Hal-hal ini menarik untuk dipelajari, jika kita mungkin punya sedikit kepedulian dengan dunia di sekitar kita. Atau ketika memandang langit malam dari sebuah hutan atau sawah yang jauh dari pemukiman, angkasa malam akan menyelipkan bahwa kita ingin bertanya-tanya, "bagaimana kisah planet bumi kita?"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar