Selasa, 08 Oktober 2013

Mendefinisikan Kilogram



Ada banyak satuan internasional (SI unit), seperti Kelvin, Candela, Celcius, tapi hanya Kilogram yang didepannya menggunakan kata "kilo". Apakah ini pernah membuat kita bertanya-tanya? Yah, mungkin karena riwayat nama aslinya "Grave" terbenam bersama revolusi Prancis dulu.

Lalu di buku pelajaran ada yang menggambarkan 1 Kg itu setara dengan 1 Liter air murni pada suhu 4°C, apa benar demikian? Ya, perkembangan ilmu pengetahuan mungkin menyiratkan itu hampir benar, paling beda cuma seukuran masa satu bulir padi.

Pernah juga 1 Kg distandarkan dalam sebuah silinder logam yang "dikeramatkan" di Prancis. Anda mungkin pernah mendengar IPK, bukan merujuk pada indeks prestasi kumulatif, tapi International Prototype Kilogram yang merupakan satu-satunya standar kilogram di dunia dalam bentuk silinder campuran platinum dan iridium. Dari sini-lah banyak kopi/salinannya dibuat, dan disebar ke suluruh dunia, dan mungkin menjadi bagian dari batu timbangan/dacin yang kita punya selama ini.

Sayangnya sistem tersebut tidak stabil, artinya massa yang terukur bisa berubah seiring berjalannya waktu. Lalu bagaimana mengatasi ini?

Dunia mungkin harus berhenti menggunakan standar objek (yang bisa berubah) untuk mendefinisikan satu kilogram. Dan beralih pada sebuah standar konsep. Saat ini terdapat dua konsep setidaknya untuk merujuk pada kilogram, yang pertama  adalah Avogadro Project dan lainnya adalah Watt Balance.

Video di atas menunjukkan sebuah perkembangan dari Avogadro Project. Menarik juga melihat sejarah perkembangan sebuah satuan internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar