Selasa, 08 Januari 2013

Karena Tidak Semua yang Dipelajari itu Benar



Ketika duduk di bangku sekolah, saat memandang buku fisika. Kita belajar bahwa nilai momentum bisa didapatkan dari nilai massa dikalikan kecepatan yang dimiliki oleh massa tersebut. Namun pada kenyataan nilai tersebut tidak didapatkan sesederhana itu.

Banyak hal yang kompleks tidak bisa diajarkan pada kita secara gamblang. Oleh karena itu beberapa "kerumitan" (saya beri tanda petik karena ini sangat relatif) disembunyikan untuk menghindari "kepanikan" dan "keputusasaan" dalam belajar bagi para pemula, selama hasil akhir yang diperlukan masih dalam jangkauan dan ranah mereka yang belajar.

Lalu mungkin saja tanpa kita sadari, banyak hal-hal yang kita pelajari selama ini bukanlah hal yang sebenarnya, atau setidaknya sesuatu yang menyerupai "benar". Ilmu selalu berkembang, bahkan mungkin sesuatu yang telah diwariskan selama bertahun-tahun atau berabad-abad, katakanlah seperti agama dan budaya - salah satu pengetahuan tertua peradaban manusia.

Sehingga jika kita bisa membuka diri untuk belajar terus, dan tidak terikat secara membabi-buta pada apa yang dulu pernah kita pelajari, saya rasa ini adalah awal sebuah kebijaksanaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar