Sabtu, 28 Juli 2012

Higgs Boson: Bagaimana Menemukan Sebuah Partikel?



Sebenarnya mungkin kata "menemukan" itu sendiri kurang tepat, karena secara teoritis sesuatu itu semestinya sudah ada, dan yang kurang adalah pembuktian fakta ilmiahnya.

Hanya saja proses pembuktian ilmiah ini yang sulit, karena kita, atau tepatnya para ilmuwan bekerja dengan apanya yang namanya prinsip probalitas. Misalnya, kita tahu dadu itu ada 6 sisi, dan kita bertanya untuk membuktikan bahwa ada sisi dadu yang berangka 3, bagaimana caranya? Ya, gampang saja, tinggal lempar dadu, dan lihat apakah dia memunculkan angka 3.

Kasus dadu mungkin sangat sederhana, karena kita bisa mudah menemukan dadu bermata 3 bukan, hanya dengan beberapa kali percobaan. Dan jika kurang beruntung, mungkin lebih banyak lagi kita perlu melemparnya (dengan asumsi, kita tidak bisa menyentuhnya dengan tangan, dan mengamatinya). Semua itu ada dalam perhitungan matematika probabilitas.

Namun menemukan bukti ilmiah keberadaan partikel seperti Higgs Boson tentu memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, meski dalam prinsip dasarnya sama. Probabilitasnya mungkin satu di antara triliunan tumbukan yang tercipta di dalam HLC, dan menghasilkan jejas Higgs Boson yang menjadi bukti ilmiah keberadaan medan Higgs.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar