Minggu, 01 April 2012

Mata Itu Bisa Menipu?

Flying saucer? by macropoulos
Flying saucer?, a photo by macropoulos on Flickr.

Banyak teman-temanku bilang mata itu bisa menipu, lha bahkan kadang ditambah suara itu bisa menipu, kemudian juga ada paras muka itu bisa menipu. Tapi menurutku sih karena ya memang kita saja yang mudah tertipu, mau bilang apapun juga kita adalah mahluk berahlak yang memiliki kemampuan guna mempercayai (baca: bisa ditipu).

Nah kembali ke mata bisa menipu. Sebenarnya kurasa kecuali mata kita memang memiliki gangguan (baik aksial dan transversal seperti yang kualami), maka mata akan melihat apa adanya.

Yang kadang membuatnya berbeda adalah kacamata yang kita gunakan untuk melihat. Langit biru dengan kacamata merah akan menghasilkan langit yang lebih gelap dan mengerikan.

Kacamata pengetahuan akan mempengaruhi apa yang dipandang oleh manusia. Dan oleh karena pengetahuan seseorang selalu terbatas, maka apa yang bisa dilihatnya selalulah menjadi terbatas.

Misalnya jika aku tahu bahwa hantu bisa berwujud api yang terbang di malam hari, bisa saja saat melihat cahaya di kejauhan aku sudah berpikir itu hantu, meski bisa jadi obor atau sejenisnya.

Kadang tak salah mungkin jika kupikir kita adalah mahluk yang sering tertipu oleh diri kita sendiri. Karena keterbatasan yang kita miliki. Atau mungkin karena keterbatasan yang sengaja kita usung dan kenakan kemana-mana dengan sedikit kebanggaan atas semua itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar