Senin, 09 Januari 2012

Hujan dan Pohon Tumbang

Pohon besar nan rimbun memang menyenangkan jika mampu memberi teduh di sepanjang jalan selama musim kemarau. Tapi jika mereka berubah menjadi benda-benda berjatuhan di musim oenghujan dengan angin kencangnya?

Setidaknya semalam saya dikagetkan dengan sebuah pohon raksasa yang melintang di jalan ketika saya pulang dari acara minun kopi dan di tengah hujan lebat. Untung saja pohon flamboyan itu tidak tumbang ketika saya lewat di bawahnya.

Memang saat musim hujan dengan angin kencang, pohon akan rawan tumbang. Kalau di tengah hutan mungkin tak masalah bagi manusia. Tapi jika di dalam kota tentu saja akan kesulitan. Setidaknya itu yang tercermin dalam diskusi dengan Kepala Dinas Pertamanan DKI Jakarta pada salah satu stasiun televisi swasta pagi ini.

Saya rasa itu memang risiko manual bahwa pohon akan mungkin tumbang saat alam memberikan hujan dan angin. Bahkan orang tua zaman dulu pun akan menunda bepergian saat alam bergulir liar di langit dan di bumi. Tapi sekarang di zaman serba berpacu, kita kadang mengabaikan tarian liar alam dan mencoba menerobos di antaranya, lalu siapa yang mesti disalahkan jika sebuah batang pohon tiba-tiba terbang ke arah kita? Yah, mungkin si nasib yang jadi kambing hitam.

Sebenarnya taman kota dan semua pohonnya adalah tanggung jawab bersama semua warga kota. Jadi sebaiknya, kita menjaganya bersama-sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar