Kamis, 05 Januari 2012

Diet untuk Tekanan Darah Tinggi

Penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi cukup banyak. Kebanyakan karena pola hidup. Kondisi ini sebenarnya bisa dibantu dengan mengatur diet atau pola makan, menjadi yang lebih sehat untuk menghentikan tekanan darah tinggi.

Konsumsi lebih banyak buah dan sayuran. Jika ingin menambahkan produk susu atau olahannya, pilihlah yang rendah atau bebas lemak. Hal ini juga berarti penderita hipertensi harus mengurangi makanan yang kaya akan lemak jenuh, kolesterol dan lemak total.

Konsumsi lebih banyak biji-bijian, ikan laut, unggas dan kacang-kacangan sebagai sumber protein. Namun kurangi konsumsi daging merah ataupun olahannya, serta kurangi juga makanan manis.

Konsumsi makanan alami yang kaya akan magnesium, potassium dan kalsium. Namun di sisi lain, kurangi makanan yang mengandung sodium (garam) tinggi, cukup konsumsi tidak lebih dari 2/3 sendok the seharinya.

Di luar sana ada banyak panduan tentang diet untuk hipertensi, misalnya DASH (Pendekatan Diet untuk Menanggulangi Hipertensi). Jika dijalankan dengan disiplin, dapat menurunkan tekanan darah secara bermakna dalam dua minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar