Kamis, 26 Mei 2011

Kepedulian itu Nyata Berbeda

Beberapa waktu belakangan ini, saya memerhatikan ada sebuah tayangan iklan di televisi yang sedikit menyita perhatian saya karena konten iklannya. Anehnya saya sendiri tidak begitu ingat, iklan tersebut siapa dan apa yang menjadi subjeknya. Jika saya tidak keliru mengingat mungkin sebuah iklan tentang bahan pangan yang mengandung kalsium.

Yang menarik perhatian saya adalah, sebuah cuplikan dalam iklan tersebut yang menampilkan animasi seekor kepiting memiliki tulang belulang yang kuat di dalam tubuhnya.

Mengapa ini menarik?

Saya tidak tahu, apakah yang membuat konsep, menyusun animasi ataukah bagian penyuntingan yang meloloskan iklan ini yang sebenarnya kurang menaruh perhatian, bahwa seekor kepiting, sebagaimana crustacea lainnya adalah kelompok hewan dengan eksoskeleton. Bagaimana mungkin mereka melewatkan ini? Atau mereka tidak menaruh perhatian pada pelajaran biologi dulu?

Jika mereka sengaja mendesain iklan tersebut seperti itu. Apalagi targetnya adalah anak-anak kecil usia sekolah, saya kira malah lebih buruk lagi. Meski mungkin tujuannya untuk menarik perhatian, namun iklan yang memberikan informasi palsu secara sengaja atau tidak, saya rasa tidak memiliki nilai pendidikan sama sekali. Anak-anak, bisa jadi menyerap informasi keliru ini dan menyimpannya secara sadar ataupun tidak.

Atau singkat katanya. Mereka yang telah membuat iklan seperti ini bisa ditayangkan di televisi, sama sekali tidak memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan kita.

Tentu saja ada beberapa "comercial breaks" yang memang memiliki nilai edukasi, karena sengaja ditanamkan demikian. Namun ternyata, tidak semua memiliki kepedulian yang sama, dan ya, kepedulian yang berbeda itu, nyata adanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar