Jumat, 04 Februari 2011

Jawaban yang Memuaskan

Salah satu yang menjadi dasar enigma yang membentuk kehidupan adalah berangkai pertanyaan yang membentuk lengkung-lengkung waktu setiap pijakan kaki dan takdir insani. Dan jawaban yang dituju untuk setiap pertanyaan tentang kehidupan menjadi sama dalamnya dengan seteguk napas yang menggantung masa kini untuk kemudian jatuh dan menghilang.

Setiap jawaban silih berganti menuntut beberapa hal yang telah didaftarkan bahkan sebelum pertanyaan itu sendiri hadir ke dalam padang rumput luas yang disebut keberadaan ini. Salah satunya adalah tuntutan akan kepastian. Tanpa kepastian, jawaban tidak akan dapat dikatakan memuaskan.

Aku memiliki banyak pertanyaan terhampar lembut dalam pandanganku yang mulai lelah. Beberapa di antaranya hanyalah kendi-kendi kosong yang telah retak karena waktu. Sehingga esensinya telah berhembus bersama debu-debu yang tak mungkin kembali.

Lalu apa yang mesti kupertanyakan demikian, dalam kekosongan yang telah mengisi dirinya sendiri, aku tak memiliki apa-apa lagi. Hanya tinggal lelah di antara guliran waktu. Maka pertanyaan itu telah menjadi nirrupa, dan jawabannya pun akan cukup memuaskan tanpa kata-kata.

Karena kekosongan ini akan membuatku berhenti dalam damai selamanya.

--------------------------------------------------------------
Ovi Mail: Making email access easy
http://mail.ovi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar